Operasional Haji 2023 Berakhir, Kakanwil: Jemaah Haji Kalteng Pulang 1.707 Orang

Palangka Raya (Humas) Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M berakhir 5 Agustus 2023. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H Noor Fahmi melaporkan jumlah jemaah haji reguler Provinsi Kalteng yang dipulangkan sebanyak 1.707 orang.

"Dari 1.716 orang jemaah haji Kalteng yang berangkat ke Arab Saudi, ada 1.707 orang yang telah kembali ke tanah air," ungkapnya pada Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji yang digelar Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Aula Eka Hapakat, Selasa (12/09/2023). 

Berkurangnya jemaah yang pulang menurut Kakanwil karena wafat di Arab Saudi selama penyelenggaraan haji. Jemaah haji yang wafat itu antara lain Abdul Karim (Barito Utara), Cunu (Kapuas), Muni (Kapuas), Udin (Kapuas), Maisayarah (Kotawaringin Timur), Hamsiah (Katingan), Rusli (Palangka Raya), Daud (Murung Raya) dan Nurmawati (Barito Utara).

Selain wafat di Arab Saudi, terdapat jemaah yang wafat saat berada di Embarkasi Banjarmasin sebelum keberangkatan yaitu atas nama Fathurrazi asal Kabupaten Pulang Pisau.

Kakanwil merinci kepulangan jemaah haji Kalteng melalui Debarkasi Banjarmasin terbagi dalam 8 kloter (kelompok terbang). Kloter 3 BDJ berjumlah 327 orang, Kloter 4 BDJ berjumlah 325 orang, Kloter 5 BDJ berjumlah 327 orang, Kloter 6 BDJ berjumlah 326 orang, Kloter 7 BDJ berjumlah 299 orang, Kloter 10 BDJ berjumlah 1 orang, Kloter 18 BDJ berjumlah 99 orang, dan Kloter 17 BDJ berjumlah 3 orang.

Kedatangan Kloter 3 BDJ di Bandara Syamsudin Nor Banjarmasin pada 13 Juli 2023, Kloter 4 BDJ pada 14 Juli 2023, Kloter 5 BDJ pada 16 Juli 2023, Kloter 6 BDJ pada 17 Juli 2023, Kloter 7 BDJ pada 18 Juli 2023, Kloter 10 BDJ pada 23 Juli 2023, Kloter 18 BDJ pada 28 Juli 2023, dan Kloter 17 BDJ pada 3 Agutus 2023.

Kakanwil bersyukur, seluruh opersional haji tahun ini berjalan lancar termasuk operasional haji Provinsi Kalteng melalui Embarkasi/Debarkasi Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Kaspinor mewakili Gubernur Kalteng saat membuka kegiatan  membacakan sambutan tertulis Gubernur menyampaikan syukur alhamdulillah, berkat kerja keras dan sinergi yang kuat antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, Kementerian Agama, dan semua stakeholders terkait, penyelenggaraan ibadah haji di Kalteng tahun ini berjalan dengan lancar, tertib, dan baik.

“Ribuan jemaah haji dari provinsi kita telah menunaikan kewajiban agung ini dengan penuh khidmat”, tutur Kaspinor.

“Pertemuan hari ini bukanlah untuk membahas kesuksesan yang telah kita raih tersebut, melainkan menjadi sebuah momen penting bagi kita semua, untuk bersama-sama merenungkan dan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap penyelenggaraan ibadah haji di Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2023”, imbuhnya.

Kaspinor berharap,melalui forum strategis ini, segala kekurangan yang masih ada dalam pelayanan ibadah haji tahun ini dapat kita identifikasi, dan kemudian kita perbaiki untuk penyelenggaraan haji yang lebih baik lagi di tahun mendatang.

“Kita harus memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang kita berikan kepada para jemaah haji. Kritik dan saran konstruktif dari Bupati/Wali Kota dan semua pihak terkait lainnya sangat berarti dalam upaya ini”, tegasnya.

Ia mengajak Bupati/Walikota, Kanwil Kementerian Agama dan seluruh stakeholders untuk selalu memperkuat jalinan komunikasi dan kolaborasi. 

“Mari kita terus bekerja sama dan bersinergi, untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji di Kalimantan Tengah agar dari tahun ke tahun semakin bagus, dan mampu memberikan pengalaman spiritual yang luar biasa bagi jemaah haji kita”, pungkasnya.

Rapat evaluasi turut dihadiri perwakilan kepala daerah kabupaten/kota se-Kalteng, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Kepala KKP Palangka Raya, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng ,Bidang Kesra pemerintah daerah se-Kalteng, Kabag TU Kanwil Kemenag Kalteng,Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalteng,Kepala Kemenag Kabupaten/Kota ,kepala Seksi PHU Kemenag kab/kota se-kalteng, dan panitia haji daerah.

Humas (Ori: Operasional Haji 2023 Berakhir, Kakanwil: Jemaah Haji Kalteng Pulang 1.707 Orang (kemenag.go.id)

Previous PostAsisten Adum Sri Suwanto Buka Kegiatan Fasilitasi dan Monitoring Bidang Sosial Provinsi Kalteng Tahun 2023
Next PostTPAK Provinsi Kalimantan Tengah pada Februari 2023 Naik Sebesar 68,76 Persen